Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Untuk Mencegah Dampak Negatif

Apakah penting pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja? Mendengar pertanyaan yang semcam itu maka jawabanya jelas sangat penting. Hal yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi memang menjadi sebuah pondasi dalam perkembangan remaja. Tujuannya adalah untuk menanamkan nilai pendidikan seks sejak usia dini seperti pada usia remaja ini. Pendidikan seks ini sebenarnya jangan hanya diartikan secara langsung seperti mengajarkan mengenai hubungan seks yang baik seperti apa. Namun, Anda bisa melihat dari sudut pandang yang berbeda, di mana pendidikan seks merupakan sebuah usaha dalam menjaga dan merawat kebersihan alat reproduksi. Hal ini ada kaitan erat dengan yang namanya organ kelamin yang mengalami perubahan pada masa pubertas serta berbagai penyakit yang berbahaya bisa menular bila terjangkit.

Pencarian terhadap informasi yang berkaitan dengan pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja ini memang banyak. Akan tetapi jika dipahami hal ini sangat dekat dengan keluarga dan peran sekolah sebagai lembaga pendidikan. Peran orang tua sangatlah penting dalam melihat dan menuntun perkembangan anaknya ketika dalam masa remaja. Maka dari itulah keluarga dalam hal ini orang tua harus mampu memberikan pendidikan mengenai seks ini. Terntang informasi berkaitan dengan langkah efektif dalam menjaga dan merawat alat reproduksi pada masa remaja. Orang tua harus sebisa mungkin menjelaskan tentang hal yang demikian sehingga anaknya akan tumbuh dewasa dengan aturan dan cara yang terbaik.

Selain orang tua ada satu lagi yang berperan sangat penting yakni sekolah, Pengetahuan kesehatan reproduksi masa remaja juga harus diambil oleh yang namanya sekolah. Pendidikan seks harus dijadikan sebagai materi pembelajaran yang menarik. Tidak boleh kemudian sekolah menganggap pendidikan seks ini diarahkan kepada hal yang tidak baik seperti pornografi. Kita ketahui bersama bahwa memang bahaya dan dampak negative dari seks ini akan merugikan anak, terutama terhadap masa depannya. Oleh sebab itu, figure yang ada di dalam lingkungan sekitar remaja harus menjadi agen informasi mengenai hal ini. Sehingga tidak terjadi hal negative dari seks tersebut.