Pengatahuan Kesehatan Menurut Notoatmodjo Berkaitan Dengan Perilaku Kesehatan

Sebelum kita membahas mengenai pengetahuan kesehatan menurut Notoatmodjo tentang perilaku kesehatan ada baiknya kita bahami terlabih dahulu berkaitan dengan perilaku itu sendiri. Sebab pada dasarnya perilaku kesehatan terdiri dari dua bagian kata yakni perilaku dan kesehatan. Perilaku merupakan sebuah tindakan yang muncul dalam diri manusia. Dapat dikatakan bahwa perilaku disini merupakan sebuah kegiatan yangdilakukan manusia, bisa diamati sendiri maupun oleh orang lain. Dalam hal ini notoatmodjo membaginya menjadi 2 vaian kalau dilihat dari respon yang dilakukan oleh individu dalam menanggapi sebuah setimulus yang hadir. Di mana perilaku bisa merupakan perilaku tertutup dan juga perilaku terbuka. Yang membedakan adalah pada bagian stimulus yang diterimanya.

Sedangkan berkaitan dengan pengetahuan kesehatan menurut notoatmodjo, perilaku kesehatan ini merupakan sebuah respon yang diberikan oleh seseorang terhadap rangsangan atau stimulus yang didapatkannya. Hal ini berkaitan erat dengan sebuah penyakit, makanan atau bisa jadi lingkungan di mana individu tersebut tinggal. Secara umum terbagi atas tiga golongan untuk masalah perilaku kesehatan ini. Pertama dalah pemeliharaan, yang mana perilaku yang dilakukan sebagai bentu usaha dalam menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam gangguan. Kedua, pencarian.Hal ini berkaitan erat dengan yang namanya tindakan dalam menghadapi sebuah gangguan yang terjadi dalam kesehatan Anda. Kemudian yang ketiga yakni kesehatan lingkungan. Ini merupakan sebuah tindakan yang dilakukan individu dalam menangani sebuah respon karena lingkungan.

Sedangkan berkaitan dengan kawasan atau domain dari perilaku kesehatan ini terbagi menjadi beberapa ranah. Hal ini sebanarnya dikategorikan hanya sebatas sebagai pengetahuan kesehatan menurut notoatmodjo. Jadi keharirannya hanya sebagai wilayah pendidikan saja. Sehingga seseorang mampu mengembangkan domain yang akan dibahas ini. Berkaitan dengan domain dari perilaku kesehatan ini maka terdapat tiga bagian. Di mana tiga bagian tersebut terdiri dari kognitif domain, afektif domain dan juga psikomotorik domain. Ketiga domain tersebut dapat diukur berdasarkan perkembangan yang terjadi. Jika Anda ingin mengetahui mengenai ketiga domain tersebut secara lebih jelas, maka baca artikel yang kami selanjutnya.